A. Pengertian

Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas . GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya . Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux  merupakan distribusi Linux yang popular dan berpengaruh . Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan  ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk installasi dan digunakan .

Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU , dan utamanya menggunkan kernel Linux , sehingga popular dengan nama Debian GNU/Linux . Sistem  operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang popular dengan kestabilannya . Sebuah repositori software adalah lokasi penyimpanan dari paket perangkat lunak dapat diambil dan diinstall pada komputer .

B. Latar Belakang

Latar belakang dilakukannya installasi Debian8 ini karena pada PC Server saya akan menggunkan sistem operasi Debian , maka saya menginstall sistem operasi debian . Kenapa saya melakukan installasi Debian melalui Proxmox ? karena Proxmox merupakan salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operatyng system . Dengan melalui Proxmox suatu Server dapat diinstall banyak sistem operasi . Dan sebelumnya server saya sudah saya install Proxmox .

C. Alat dan Bahan

1. PC / Server / Laptop
2. ISO Debian(saya menggunakan Debian 8)
3. Jaringan internet
4. Proxmox yang sudah terinstall 

D. Maksud dan Tujuan

Maksud dilakukannya installasi Debian ini akan saya gunakan sebagai Sistem Operasi pada server saya , disini saya menggunakan Debian 8 . Dan kenapa saya menggunakan Proxmox , karena server ini akan saya gunakan bersama 4 teman saya . Maka dari itu saya menggunakan Proxmox sebagai virtualisasi .

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 

1. Langkah pertama kita masuk ke Proxmox terlebih dahulu dangan cara > pada web browser > https://192.168.16.2:8006
kenapa ipnya 192.168.16.2 ,karena ip proxmox saya itu . Jadi sesuaikan dengan ip proxmox anda

2. Setelah masuk Proxmox masukkan username dan password , username disini default root dan masukkan password anda.


3. Klik 2x VM yang sudah dibuat tadi > pilih start > lalu console





4. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini > pilih install> tekan enter




5. Selanjutnya kita harus memlilih bahasa > pilih bahasa inggriskarena banyak tutorial linux yang menggunakan bahasa inggris . English - English > tekan enter




Langkah terakhir dalam installasi Debian yaitu anda harus memilih "yes" untuk installasi master boot record atau GRUB Loader , karena disini saya sudah mengupload ISO di Proxmox dan saya tidak menggunakan media DVD/CD maupun harddisk . Jadi saya tidak melepaskan media installasi.























0 komentar:

Powered by Blogger.

Kategori

Total Pageviews

Formulir Kontak



Popular Posts